Pertemuan ke- 2




Assalamualaikum..wr wb.
Selamat bertemu kembali pada pertemuan ke-2
Kali ini Anank -anak bisa menyimak tanyangan Video tentang Teks Eksplanasi Kompleks
Kemudian pahami materi berikut ini dan jawablah pertanyaan !

2. INTERPRETASI ISI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
Tujuan
Siswa dapat memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
Pada materi terdahulu, kalian sudah mempelajari tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Kali ini, kalian akan menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks.
Menginterpretasi berarti memaknai. Menginterpretasi teks eksplanasi adalah memberikan makna atau menafsirkan teks eksplanasi baik secara tersurat (ekspilisit) maupun tersirat (implisit). Untuk menafsirkan sebuah teks eksplanasi, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 1. Memahami struktur teks Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, penjelasan, dan simpulan. 2. Memahami ciri kebahasaan Ciri kebahasaan teks eksplanasi meliputi pemakaian konjungsi, pemakaian kalimat definisi, hubungan sebab-akibat. 3. Analisislah 5w+1H (what,who, when, where, why, dan how)
Perhatikan teks di bawah ini!
Banjir lumpur panas Sidoarjo (lumpur Lapindo) adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006. Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur. Volume lumpur diperkirakan sekitar 5.000 hingga 50.000 meter kubik setiap hari. Akibat semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar. Lumpur sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker. Genangan hingga setinggi 6 meter pada permukiman menyebabkan warga harus dievakuasi karena rumah/tempat tinggal mereka rusak. Areal pertanian dan perkebunan juga rusak akibat genangan lumpur. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini. Genangan juga menyebabkan kerusakan lingkungan wilayah seperti sarana peribadatan, sarana pendidikan, sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik, air, dan telepon).
Mari interpretasi
Kalimat yang dicetak tebal merupakan kata kunci dari 5W+1H. Kalian bisa menemukan informasi dari kalimat yang bercetak tebal di atas. Contoh: 1. Banjir lumpur lapindo terjadi di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. 2. Banjir lumpur lapindo terjadi sejak tanggal 29 Mei 2006. 3. Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur.
4. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker. 5. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini, dan seterusnya.
Poin Penting
Untuk menafsirkan makna teks ekplanasi kompleks, jawablah atas pertanyaan who, what, where, why, when, dan how.

INTERPRETASI ISI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
Soal 1
Perhatikan kata berikut ini! 1. memahami 2. mengetahui 3. menafsirkan 4. menjelaskan Menginterpretasi memiliki makna….
Pilihan Tunggal
A. 1,2,3
B. 1,3
C. 2,4
D. 4
E. 1,2,3,4
Soal 2
Perhatikan kalimat berikut ini! 1. Temukan kata kunci 2. Analisislah ciri kebahasaan 3. Bedahlah struktur teks 4. Bacalah dengan teliti Langkah untuk menafsirkan sebuah teks adalah….
Pilihan Tunggal
A. 4-3-2-1
B. 4-1-2-3
C. 4-3-1-2
D. 1-2-3-4
E. 4-2-1-3
Soal 3
Dalam menafsirkan sebuah teks membutuhkan bantuan pertanyaan 5W+1H. Alasannya adalah….
Pilihan Tunggal
A. Memudahkan menemukan kata kunci/informasi penting
B. Mudah untuk menganalisis unsur kebahasaan
C. Mudah untuk membedah struktur teks
D. Setiap teks memiliki keunikan
E. Teks memiliki tingkat kesulitan yang berbeda
Soal 4
Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut. Topik teks di atas adalah….
Pilihan Tunggal
A. Fenomena gunung es
B. Proses terjadinya gunung es
C. Pecahan gletser
D. Air tawar membantu terjadinya es
E. Gunung es tidak terlihat dari atas
Soal 5
Semakin meningkatnya jumlah luas lahan pertanian yang diubah menjadi permukiman dapat mengakibatkan semakin menurunnya jumlah air resapan. Hal ini mengakibatkan aliran permukaan meningkat. Peningkatan ini menyebabkan air yang seharusnya tertampung di dalam tanah menjadi terbawa aliran permukaan sehingga terjadi kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah. Penyebab utama terjadinya penurunan jumlah air adalah ….
Pilihan Tunggal
A. Meningkatnya luas lahan pertanian yang diubah menjadi permukiman
B. Menurunnya jumlah air resapan
C. Aliran permukaan meningkat
D. Berkurangnya luas lahan pertanian
E. Pasokan air berkurang

Komentar

  1. Nama : Gilang setiyawati
    Kelas : XI JB2
    No. Absen : 12
    Sekolah : SMKN 1 DLANGGU
    JAWABAN NNYA :
    1. C
    2. A
    3. D
    4. E
    5. A

    BalasHapus
  2. Arinur ardiyanti (XI JB 2) (04)
    1.A
    2.A
    3.A
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  3. Aulia Dhofa Aprilianti (06)
    XI JB2
    1. A
    2. A
    3. D
    4. C
    5. A

    BalasHapus
  4. Nama:Lusi Jayanti
    Kelas:XI JB2
    No:15
    1.A
    2.A
    3.D
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  5. Nama : Reni prihatini
    No :22
    Kelas:XI JB 2
    1.A
    2.A
    3.B
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  6. Nama:Lusi Jayanti
    Kelas:XI JB2
    No:15
    1.A
    2.A
    3.D
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  7. Nama:Ella dini setyowati
    Kelas:XI JB2
    NO:09
    1.A
    2.A
    3.A
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama: tasya wilyandika kyawsoe
    Kelas: XIJB2
    NO: 27
    1.A
    2.A
    3.A
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  12. Nama: tasya wilyandika kyawsoe
    Kelas: XIJB2
    NO: 27
    1.A
    2.A
    3.A
    4.C
    5.A

    BalasHapus
  13. Nama : Nia Nurhayati
    Kelas : XI JB 2
    No. absen : 19
    Jawab
    1.A
    2.A
    3.A
    4.B
    5.C

    BalasHapus
  14. Nama:Shelva dwi pangestu
    Kelas:XI JB2
    no:27
    1.A
    2.A
    3.A
    4.B
    5.C

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama:Riska rina nanda dipa
    Kelas:XI JB2
    no:24
    1.A
    2.A
    3.A
    4.B
    5.C

    BalasHapus
  17. Nama : M. Rizky Dimas A.
    Kelas : XI JB 2
    No. absen : 16
    Jawab
    1.A
    2.A
    3.A
    4.B
    5.C

    Terima kasih

    BalasHapus
  18. NAMA :KHUSNUL SUSILOWATI
    KELAS :XI-JB2
    NO : 14

    1. A
    2. A
    3. A
    4. B
    5. A

    BalasHapus
  19. NAMA :Anggita rahayu r
    KELAS :XIJB 2
    NO : 03

    1. A
    2. A
    3. A
    4. B
    5. A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL-SOAL SMT Genap

SOAL Teks Eksplanasi Kompleks XI Genap

Pertemuan ke- 3